Pages

Sunday 15 November 2015

Upgrade Firmware Modem Router Vodafone HG553 ke Firmware OpenWrt

Modem router yang cukup murah HG553 vodafone saat saya beli harganya 150rb saja, tapi tidak murahan, kenapa saya bilang tidak murahan, sebab router ini sudah saya pakai berbulan bulan nonstop, tidak ada masalah dan body dingin terus, sayang firmwarae bawaannya tidak support semua modem yang ada di indonesia ditambah lagi memakai bahasa spanyol yang bikin bingung saat konfigurasi.

Setelah googling ketemulah firmware OpenWRT, setelah ujicoba beberapa firmware

Saya akhirnya menggunakan firmware yang cukup ringan hanya 3mb kalau agan mau silahkan download disini

Langsung saja Tahapan upgrate atau tepatnya mengganti firmware dari bawaannya yg asli ke fimware openwrt:

Berikut siapin dulu bahan-bahan upgrade firmware HG553 :
1. Router Huawei echolife HG553
2. Firmware OpenWRT untuk HG553 yang sudah agan download di atas
3. PC / laptop
4. Kabel LAN

Tahap I

1. Matikan router > Tekan tombol reset (bisa menggunakan tusuh gigi/ lainnya) > hidupkan router (tombol reset masih ditekan selama 30 detik). Jika sudah 30 detik bisa dilepas.

2. Selanjutnya buka Laptop/ PC, setting IP manual ip address 192.168.1.2 , Subnet 255.255.255.0 dan Gateway 192.168.1.1 lalu disimpan.

3. Masukkan  Kabel LAN dari Router ke PC.

4. Buka browser Mozilla Firefox dan ketik 192.168.1.1 web Address.

Setelah terbuka halaman seperti gambar di bawah ini

clip_image002

5. Setelah muncul halaman untuk upgrade di browser, klik CHOOSE FILE, masukkan Firmware OpenWrt yang sudah di download tadi (file download di extract terlebih dahulu dari winrar, sehingga akan menghasilkan file dalam format .bin) , dan upgrade. (Pilih file “openwrt-HW553” lalu klik upgrade).

6. Sekitar 5 detik, nanti ada tulisan yang menyuruh kita menunggu kurang lebih 2 menit dalam bahasa inggris. (seandainya proses 5 menuju ke 6 terasa sangat lama/ tidak ada respon, maka ulangi langkah- langkah di atas, cabut kabel LAN , lanjut ke step 1 lalu ke 3 dan seterusnya).

7. Jika upgrade sukses, nanti ada tombol power warna merah muncul itu tandanya Firmware OpenWrt sudah selesai terinstal, tetapi tunggu dulu sampai lampu WIFI menyala juga (sekitar 1-2 menit setelah lampu power)

8. Router menyala dengan power merah dan lampu wifi biru, dan akses point ” OPENWRT” router siap disetting.

Tahap II

1. Cabut kabel LAN, dan IP manual yang dibuat di step 2 ( pada tahap I ) kosongkan kembali. (masuk Akses Point Openwrt tanpa password).

2. Buka browser Mozilla Firefox, ketik 192.168.0.1( jika menggunakan openwrt dari situs resmi ) Kalau sudah muncul menu login password login root , masukkan passwordnya terus login. ( passwordnya admin/ sembarang aja ).

3. Ganti dulu passwodnya di system > administration.

4. Setting akses point, masuk ke network > wifi klik menu edit - setelah selesai klik Save dan Apply

5. Langkah selanjutnya adalah menyetting Modem, yaitu dengan masuk ke menu network > interfaces pilih menu edit pada WAN.

6. Selanjutnya tinggal melakukan pengaturan pada modem, dan tinggal Save dan Apply.

7. Seharusnya setelah ini modem sudah terdeteksi dan bisa langsung digunakan, untuk memastikanya, buka comandprompt (CMD) ketik “ping google.com” tanpa kutip.

8. Kalau berhasil  berarti sukses, tapi kalau gagal, matikan dulu routernya, terus dinyalakan kembali tunggu sampai wifi nyala, masuk ke network interfacesnya dari browser 192.168.0.1.

9. Kalau sudah muncul seperti kotak diatas berarti sudah aktif modemnya, tapi kalau masih kosong, klik tombol connect pada WAN, maka status koneksinya akan muncul.

Sekian seting router wifi vodafone hg553 untuk modem, untuk seting agar Lan 4 bisa digunakan Wan tunggu artikel selanjutnya. Semoga artikel ini berguna untuk agan

No comments:

Post a Comment